BIDANG BELAJAR BIMBINGAN DAN
KONSELING
1.
Belajar
Efektif
Belajar yang efektif sangat ditentukan oleh faktor
internal dan eksternal peserta didik.
a.
Faktor
Internal
Faktor internal yang
mempengaruhi belajar efektif, di anataranya :
·
Kecerdasan (intelligent quotient);
·
Bakat (aptitude);
·
Minat (interest);
·
Motivasi (motivation);
·
Rasa percaya diri (self confidence);
·
Stabilitas emosi (emotional stability)
·
Komitmen (commitmen); dan
·
Kesehatan fisik.
b.
Faktor
Eksternal
Faktor eksternal yang
memengaruhi belajar efektif, di antaranya:
·
Kompetensi guru (pendagogik, sosial,
personal, dan professional);
·
Kualifikasi guru;
·
Sarana pendukung;
·
Kualitas teman sejawat;
·
Atmosfir belajar;
·
Kepemimpinan kelas; dan
·
Biaya.
Bird
dan Bird (1945) dalam Learning
More by Effective Study, menjelaskan
dari sisi gaya perilaku dalam proses pembelajaran di mana peserta didik
dituntut untuk belajar melakukan aktivitas sebagai berikut.
a. Compare, yaitu
membandingkan, menerangkan persamaan dan perbedaannya.
b. Contrast, yaitu
membedakan, menerangkan perbedaan, kelainan dari benda, sifat, peristiwa atau
masalah.
c. Criticize, yaitu
memberikan kritik (pertimbangan, analisa, strength,
weakness, opportunity, dan threat).
d. Define, yaitu
memberikan batasan secara ringkas, otoritatif sehingga beda dengan yang lainnya.
e. Describe, yaitu
menguraikan secara panjang lebar, meriwayatkan dalam bentuk rangkaian cerita.
f. Diagram, yaitu
melukiskan, memberikan jawaban grafis dalam hal tertentu dengan menambahkan
penjelasan.
g. Discuss, yaitu
memperbincangkan, melakukan analisa, memberikan alasan secara lengkap setuju
atau tidak setuju.
h. Enumerate, yaitu
menyebutkan satu persatu, menuliskan dalam daftar atau garis besar dengan
mengemukakan pokok-pokok bahasan secara ringkas satu persatu.
i.
Explain,
yaitu
menerangkan, menjelaskan, menafsirkan, menunjukan materi yang dikemukakan,
memberikan alasan/sebab bagi perbedaan pendapat atau hasil.
j.
Evaluate,
yaitu
memberikan penilaian, baik SWOT, penilaian para ahli, maupun penilaian sendiri.
k. Illustrate, yaitu
memberikan contoh, memberikan suatu gambaran, lukisan, grafik, atau contoh yang
nyata untuk menjelaskan suatu masalah.
l.
Interpret,
yaitu
menafsirkan, menerjemahkan, memberikan contoh, memberikan kepuasan, memberi
suatu ulasan suatu pokok bahasab, biasanya dengan memeberikan pertimbangan denga
hal tersebut.
m. Justify, yaitu
membenarkan, membuktikan, atau memberikan alasan bagi keputusan atau
kesimpulan, berusaha dengan sungguh-sungguh dengan semua kemampuan untuk
meyakinkan.
n. List, yaitu
membuat daftar, menyebutkan satu persatu, menuliskan suatu rangkaian pernyataan
ringkas yang disebutkan sati persatu.
o. Outline, yaitu
membuat garis besar, menyusun suatu uraian dalm pokok-pokok bahasan utama dan
pembagiannya lebih lanjut dengan menghilangkan perincian yang detail dan
menekankan susunan dan penggolongan dari hal tersebut.
p. Prove, yaitu
membuktikan, mengemukakan pembuktian berdasarkan fakta atau memberikan alasan
logis yang jelas.
q. Relate, yaitu
menghubungkan, menunjukan bahwa hal itu berhubungan satu sama lain atau
bagaimana yang satu mengakibatkan yang lainnya, atau sama dengan yang lainnya.
r.
Review,
yaitu
meninjau, memeriksa secara kritis suatu pokok bahasan dengan menganalisa dan
memberikan ulusan terhadap pernyataan
penting yang dibuat mengenai bahasan tersebut.
s. State, yaitu
menyatakan, mengemukakan pokok-pokok bahasan utama dalam rangkaian yang jelas
dan singkat, biasanya dengan menghilangkan perincian-perincian, gambar, dan
contoh-contoh.
t.
Summarize,
yaitu
memberi ringkasan, memberikan pokok-pokok bahasan utama atau fakta-fakta dalm
bentuk yang diringkaskan, seperti dalam ringkasan dari satu bab, dengan
menghilangkan perincian dan gambar.
u. Trace, yaitu
menguraikan perkembangan, menguraikan dalm bentuk cerita mengenai kemajuan,
perkembangan, dan peristiwa historis dari mulai titik pangkal.
Selanjutnya Francis
P. Robinson menyatakan tentang Effective Study, terutama melalui
kegiatan membaca dengan metode SQ 3 R, yaitu
:
a. Survey, yaitu
menyelidiki terlebih dahulu untuk mendapat gambaran selintas mengenai isi/pokok
yang akan dipelajari.
b. Question, yaitu
mengajukan pertanyaan dari pokok atau isi buku yang dibaca secara lintas.
c. Read, yaitu
membaca secara aktif untuk memberikan jawaban terhadap pertanyaan yang dibuat.
d. Recite, yaitu
mengucapkan kembali atas jawaban yang diberikan terhadap pertanyaan dengan tidak
melihat buku/menengok terhadap catatan kecil yang menjadi garis besar.
e. Review, yaitu
mengulangi stelah bab itu selesai, mengulangi apa yang dibacanya dengan
memeriksa kertas catatannya. Jawaban garis besar dibaca secara sepintas
sehingga mendapat gambaran yang lebih jelas mengenai pokok-pokok yang diuraikan
secara terpadu satu sama lainnya.
Referensi :
Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana, 2009. Konsep
Strategi Pembelajaran.
Bandung.
PT Refika Aditama. (Halaman 57).